Sabtu, 02 April 2016

Tugas Kelompok Akuntansi Internasional


KASUS 2-1          Apakah Klasifikasi Akuntansi Telah Ketinggalan Zaman?

1.        Apakah anda setuju dengan pendapat yang dikemukakan Cairn bahwa klasifikasi akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan dalam dunia saat ini? Apakah usaha-usaha untuk mengklasifikasikan akuntansi tidak bermanfaat dan ketinggalan zaman? Mengapa atau mengapa tidak?

Jawab:
Kami merasa kurang setuju dengan pendapat yang dikemukakan oleh Cairn bahwa klasifikasi akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan. Karena menurut kami di era globalisasi saat ini, ilmu akuntansi sudah sangat berkembang dan dapat digunakan hampir pada semua jenis kegiatatan bisnis. Klasifikasi akuntansi ini pun sangat bermanfaat karena pada saat akuntansi diaplikasikan kedalam kegiatan bisnis yang satu dan yang lainnya akan berbeda dan terjadi penyesuaian, disinilah letak pentingnya pengklasifikasian akuntansi.

2.        Beberapa pengamat berpendapat bahwa pelaporan keuangan menjadi semakin mirip dengan di kalangan perusahaan "kelas dunia" –perusahan-perusahaan multinasional terbesar di dunia-dan khususnya yang mencatatkan sahamnya di bursa efek utama seperti London, New York dan Tokyo. Apakah relevansinya pendapat ini terhadap klasifikasi akuntansi dan apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini?

Jawab:

Menurut pendapat kami kasus pelaporan keuangan yang semakin mirip dengan perusahaan kelas dunia hanya terjadi pada perusahaan besar. Karena pada perusahaan kecil yang menggunakan jasa akuntan dan audit yang lebih kecil, akan berbeda juga hasil pelaporan keuangannya. Apalagi jika ditinjau dari usaha-usaha kecil yang lebih sering mengadaptasi SAK-ETAP sebagai dasar pelaporan keuangan dibandingkan menggunakan SAK yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar